INTUISI adalah kesadaran kosmik yang serupa dengan ilham, ia lebih tinggi dari persepsi indra dan nalar. Dalam istilah filsafat, intuisi adalah sebuah format pengetahuan yang bebas dari pengalaman maupun penalaran.

Manusia yang hanya menggunakan penalaran cenderung tidak akan pernah bisa mengerti hal-hal yang berkenaan dengan intuitif. Karena nalar bersifat terbatas dan memerlukan berbagai alasan untuk menarik sebuah kesimpulan. Begitu pula sebaliknya, meskipun tidak terbatas dan muncul tanpa perlu adanya alasan namun tanpa kesadaran nalar, kebenaran intuisi itu tetap patut dipertanyakan jika berhadapan dengan khalayak.

Atheis selalu berbangga dengan nalar logikanya yang luar biasa, sedangkan agamawan terlalu terlena dengan intuisi mereka padahal manusia itu terkadang sulit membedakan antara MIMPI dan intuisi, dan kebenaran nalar pun masih sering bersifat semu.

Semoga lekas sembuh...

Salam

0 comment:

Post a Comment

Blog ini tidak memiliki "rel nofollow", silahkan gunakan fasilitas ini dengan bijak. Dengan tidak adanya moderasi komentar, diharapkan untuk berkomentar dengan baik. Hendaklah tidak menulis kata-kata yang berbau pornografi dan SARA. Saya berhak menghapus komentar yang melanggar segala ketentuan saya diatas, harap maklum dan Terima Kasih

 
Top