Thursday, July 28, 2011

Malu dibilang "BLOG KURA-KURA"

Suatu hari saya kedatangan seorang teman dirumah. Walaupun sebenarnya saya sering didatangi teman-teman (termasuk dept. collector) dirumah, namun ada yang berbeda pada kunjungan kali ini. Dia adalah seorang programmer pada salah satu perusahaan yang sedang berkembang alias baru mau maju. Setelah menghabiskan ½ cangkir kopi dan se-toples kue yang disediakan oleh "si guwek" (istri), tiba² saja ada niatan untuk menunjukan blog kesayangan, sekalian tanya² tentang kualitas dari blog ini. Setelah menghidupkan komputer dan connect to the internet, saya membuka browser dan langsung menuju blog ini. Setelah menunggu sekian lama, tiba² terdengar celetukan "sepele", namun menurut saya bisa menjadi "gawe". Blog kesayangan saya dibilang "Blog Kura-Kura" alias lelet banget loadingnya.

Dari situlah timbul tantangan untuk merubah "blog kura-kura" menjadi "blog kucing" alias cepat. Caranya bagaimana ? Berikut hal-hal yang saya lakukan untuk membuat loading blog menjadi cepat.
  • Yang pertama kali saya lakukan adalah masuk ke blogger klik rancangan dan menyetel jumlah tampilan post  menjadi 5 tampilan saja, (sebelumnya 10)

  • Selanjutanya, pada halaman 'edit HTML', terlihat banyak sekali kolom-kolom yang kosong, cari punya cari, ternyata ini juga mempengaruhi loading page, saya padatkan (lihat gambar)
  •  Tidak berhenti sampai disini saja, saya juga mengompres kode CSS yang terletak diantara kode <b:skin> dan </b:skin>. Caranya : blok seluruh tulisan yang terletak diantara <b:skin> dan </b:skin> lalu copy dan hapus, (jangan lupa untuk mendownload template lengkap terlebih dahulu ). Kemudian buka pada new tab www.cssdrive.com dan paste code yang kita copy tadi disitus tersebut. (lihat gambar)

  •  Setelah klik Compress-it! maka akan muncul kode css yang baru yang telah di kompress. Copy dan paste untuk menggantikan kode css yang kita hapus tadi, yaitu antara <b:skin> dan </b:skin>. Setelah itu simpan, dan lihat hasilnya, blog sobat jadi ngjosss bukan :).
Sampai disini saja, buat sobat yang mau meniru, silahkan. Jika ada yang kurang berkenan silahkan di share. Semoga bermanfaat bagi kita semua.



0 comment:

Post a Comment

Blog ini tidak memiliki "rel nofollow", silahkan gunakan fasilitas ini dengan bijak. Dengan tidak adanya moderasi komentar, diharapkan untuk berkomentar dengan baik. Hendaklah tidak menulis kata-kata yang berbau pornografi dan SARA. Saya berhak menghapus komentar yang melanggar segala ketentuan saya diatas, harap maklum dan Terima Kasih

Incoming Search: , , , Malu dibilang "BLOG KURA-KURA"