Thursday, July 7, 2011

Apa Itu Backlink, Anchor Text dan Backlink Apa yang Bagus untuk Website/Blog Saya?

Seperti yang mungkin Anda ketahui, untuk dapat ter-ranking di halaman 1 Google kita memerlukan backlink ke website Anda, atau bahkan deep linking ke salah satu halaman di website Anda.
Backlink adalah link yang terpasang di WEBSITE LAIN, yang bila link itu di klik akan mengarah ke website Anda.
Berbicara tentang backlink, ada beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan. Faktor itu adalah: jumlah backlink, kualitas dari backlink, dan yang paling penting adalah: Anchor Text.
Pertama: Jumlah Backlink
Dari istilahnya sudah bisa kita mengerti maksudnya, yaitu semakin banyak backlink yang masuk ke website kita, semakin bagus nilai website kita di mata Google.
Kedua: Kualitas Backlink
Kualitas disini maksudnya adalah kualitas dari website tempat backlink kita terpasang. Kualitas ini biasanya bisa dilihat dari nila PR (PageRank) website tersebut. Jadi misalkan backlink kita terpasang di website yang ber PR tinggi (diatas PR 2), maka tentunya dengan jumlah link yang sama, bobotnya akan lebih bagus jika backlink kita dipasang di website yang ber PR 5 daripada terpasang di website ber PR 0. Untuk mengecek Pagerank sebuah website, cara termudah menggunakan tools dari www.checkpagerank.net
Ketiga: Anchor Text
Anchor text ini menurut kami adalah hal yang paling penting dari sebuah backlink. Jika Anda belum mengerti apa itu anchor text, maka ilustrasinya seperti ini:
Katakanlah Anda memasang link di website lain, dan jika link tersebut di klik akan menuju website Anda. Di link yang bisa di klik tersebut bertuliskan "KLIK DISINI", itu artinya Anda mempunyai backlink dengan anchor text: KLIK DISINI.
Itu ilustrasi dari pengertian anchor text.
Nah, apa hubungan ANCHOR TEXT dengan SEO sebuah website?
Jika website Anda banyak mendapatkan backlink dengan anchor text "backlink murah", maka robot Google akan menganggap website Anda ini sangat erat hubungannya dengan kata kunci "backlink murah", karena banyak website lain yang nge-link website Anda dengan kata tersebut, maka website Anda posisinya akan dinaikkan oleh Google di kata kunci tersebut.
Karena itu, PASTIKAN backlink Anda memiliki Anchor Text yang sesuai target Anda.


Sumber :  pabrikbacklink.com melalui link yang dicantumkan di email saya

4 comment:

  1. Anchor Text memang menguntungkan, tetapi Anchor Text kita di kolom komentar blog atau web lain bisa dianggap spam hingga dapat merugikan blog tersebut. kalau di blog saya, bila ada yang meninggalkan link aktif di kotak komentar akan saya edit, tapi bila terdeteksi spam oleh akismet maka akan saya hapus karena di wp.com spam dapat membuat blog tersebut di banned oleh wp.

    ReplyDelete
  2. mantap postinganya..
    tidak ada habisnya kalo bicara SEO, dan sejak mengenal SEO saya semakin tergila2 utk mencari jurus2 yg maknyoss..hehe
    salam kenal,, kunjung balik ya,,

    Blog Dofollow

    ReplyDelete
  3. keren infonya, kebetulan lagi belajar SEO nick biar blog ane semakin sip, thanks
    krisvalues

    ReplyDelete

Blog ini tidak memiliki "rel nofollow", silahkan gunakan fasilitas ini dengan bijak. Dengan tidak adanya moderasi komentar, diharapkan untuk berkomentar dengan baik. Hendaklah tidak menulis kata-kata yang berbau pornografi dan SARA. Saya berhak menghapus komentar yang melanggar segala ketentuan saya diatas, harap maklum dan Terima Kasih

Incoming Search: , , Apa Itu Backlink, Anchor Text dan Backlink Apa yang Bagus untuk Website/Blog Saya?