Karena berbagai alasan, sebagian besar blogger sangat membenci apabila artikelnya di jiplak atau dalam bahasa kerennya COPAS (copy paste). Bayangkan saja, untuk membuat satu artikel yang orisinil bagi sebagian penulis membutuhkan waktu hingga 3 (tiga) hari. Ketika artikelnya sudah jadi, tiba-tiba saja ada blog yang menulis persis seperti apa yang Ia tulis tanpa mencantumkan link sumber. Parahnya lagi, posisi di search engine justru blog copas berada di atas blognya.

Blog Ini Boleh Di copas

Berbeda dengan para blogger lainnya, pada blog ini Anda dipersilahkan untuk mencopas setiap artikel yang ada. Memang agak sedikit nyeleneh, tapi saya memiliki alasan tersendiri mengapa Blog ini boleh di COPAS. Saya mengerti, sehebat apapun Anda menulis, PASTI ada suatu masa yang mengondisikan Anda sehingga tidak mendapat inspirasi apapun untuk suatu bahan artikel. Sedangkan kebutuhan untuk menulis di Blog guna mempertahankan SERP harus terus berlanjut.

Lalu apakah Saya merasa dirugikan ?

Tidak ! Saya sama sekali tidak dirugikan, justru ada kepuasan tersendiri bagi Saya dengan di jiplaknya setiap artikel. Begini logikanya; Sebuah karya tidak akan ditiru atau di jiplak orang lain apabila karya itu tidak memiliki bobot serta mutunya sendiri. Seorang plagiat tentu lebih jeli dalam memilih mana artikel yang layak di copas. Disinilah letak penghargaan yang mereka buat, artinya ketika artikel kita di copas oleh Orang lain, itu menandakan bahwa artikel kita memiliki keunikan dan bobot tersendiri.

Bagaimana apabila blog ini SERP-nya turun ?
Sekali lagi Saya tekankan, Saya tetap merasa tidak dirugikan. Pola pikir setiap Kita tentu berbeda. Apabila blog Anda menempati peringkat page one dengan artikel yang Saya buat, itu artinya Anda juga telah membantu memperkenalkan Karya Saya kepada publik. Meskipun tidak dikenal, tidak dilihat, tapi sedikit banyaknya turut memberi andil dalam mewarnai khasanah media baca dan pengetahuan.

Sebagai penutup, Penulis mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada para blogger apabila dengan tulisan ini ada yang dirugikan. Bukan maksud Saya untuk mengkampanyekan para blogger untuk mencopas setiap karya blogger lainnya, tapi tulisan ini hanyalah sebuah kartu pass copas khusus di blog ini. Untuk blog yang lain, silahkan dikonfirmasikan dengan para authornya. Wassalam...

7 comment:

  1. Ane Rasa copas boleh saja, asalkan mencantumkan sumbernya. sebuah karya ilmiah juga perlu mengambil kutipan dari karya orang lain. tetapi perlu dicantumkan sumbernya. kalau sumbernya tidak dicantumkan sama saja mencuri karya orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali sobat Baykun. Copas tanpa mencantumkan link sumber bisa dianggap sebagai pencurian kekayaan hak intelektual.

      Tapi sebuah karya yang tidak layak di copas, bisa diartikan dengan karya tak bermutu seperti artikel saya ini. Maksud saya, semakin bagus suatu karya yang berhasil diciptakan, maka akan semakin diminat untuk di copas. Artinya, ketika seseorang mencuri karya kita, jangan menganggap itu suatu pencurian (untuk kepentingan proteksi bathin), melainkan sebuah penghargaan tak terucap :)

      Delete
  2. ijin copas pake cara para grabber yach. biar gak makan waktu lama. makasih dah bolehin copas. :) kalo mau copas blog ane juga boleh kok. :)

    ReplyDelete
  3. ini blog ane artefactku.blogspt.c*m

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Thanks udh di ijinin copas gan, mampir di blog ane ya adhitri.pun.bz :-)

    ReplyDelete
  6. Thanks udh di ijinin copas gan, mampir di blog ane ya adhitri.pun.bz :-)

    ReplyDelete

Blog ini tidak memiliki "rel nofollow", silahkan gunakan fasilitas ini dengan bijak. Dengan tidak adanya moderasi komentar, diharapkan untuk berkomentar dengan baik. Hendaklah tidak menulis kata-kata yang berbau pornografi dan SARA. Saya berhak menghapus komentar yang melanggar segala ketentuan saya diatas, harap maklum dan Terima Kasih

 
Top