Tim peneliti Hasegawa Group di Tokyo of Intitute of Technology, Jepang telah mengembangkan sebuah robot yang memiliki kemampuan untuk berfikir secara mandiri. Self-Organising Incremental Neural Network (SOINN) adalah technologi yang digunakan dalam mengembangkan robot ini, sehingga diharapkan mampu membuat suatu keputusan saat menjalankan tugas-tugasnya.

Tidak seperti robot-robot yang ada sekarang, saat mendapat tugas baru, robot ini (Robot SOINN) dapat mempelajari cara penyelesaiannya. Petunjuk tersebut secara otomatis akan tersimpan pada memorinya.

Apabila berhasil tercipta, Robot SOINN memiliki kemampuan beradaptasi terhadap perubahan. Robot ini memakai pengalaman masa lalunya untuk menebak dan memikirkan apa yang harus dia lakukan. Sebab pada robot sudah dilengkapi semacam memori input data yang terorganisasi.

Yang tak kalah menariknya, sistem juga akan terhubung dengan internet, agar para robot dapat berkomnikasi satu sama lain sehingga membantu dalam pekerjaan mereka. (Wah berarti nantinya para BOT-BOT yang ada di mIRC bisa ngomong sendiri dong :D)

(sumber : KOMPAS)

Silahkan berkomentar !

0 comment:

Post a Comment

Blog ini tidak memiliki "rel nofollow", silahkan gunakan fasilitas ini dengan bijak. Dengan tidak adanya moderasi komentar, diharapkan untuk berkomentar dengan baik. Hendaklah tidak menulis kata-kata yang berbau pornografi dan SARA. Saya berhak menghapus komentar yang melanggar segala ketentuan saya diatas, harap maklum dan Terima Kasih

 
Top