Tidak sedikit blogger yang menulis dan menyarankan blogger lainnya untuk memasang alexa toolbar pada browsernya demi menyusutkan alexa rank. Beberapa blog tetangga beranggapan bahwa jika kita memasang alexa toolbar, ini berarti kita sudah melakukan pendekatan awal terhadap alexa agar sayang pada blog kita. Belum lagi mereka yang menyarankan agar menulis artikel tentang alexa. Benarkah demikian ? Mari kita diskusikan bersama...

Jika kita membaca pada About the Alexa Traffic Rankings dari situs alexa, mereka sudah sangat jelas menerangkan bagaimana algoritma penghitungan ranking mereka. Disitu dijelaskan bahwa penghitungan ranking mereka adalah banyaknya visitor berbanding dengan page view perhari. Nah hasil ini akan di presentasikan pada traffic mingguan, bulanan dan 3 (tiga) bulanan. Alexa "banyak" mengacu data pada banyaknya pengguna alexa toolbar dan gadget dari situs lain yang menyediakan fitur serupa.

Saya tidak akan membahas mengenai traffic pengunjung dan pageview, karena dalam hal ini saya menganggap bahwa kita semua setuju jika semakin besar traffic ke blog/situs, maka alexa rank akan menyusut. Sesuai dengan judul artikel ini, saya akan membahas mengenai pro-kontra tentang alexa toolbar. Memang benar, alexa banyak mengacu data dari alexa toolbar, namun benarkah dengan memasang alexa toolbar alexa rank kita menjadi turun ? Bagi saya ini adalah suatu pembodohan bagi kami para newbie. Mengapa ?
  1. Untuk memasang alexa toolbar pada browser kita tidak perlu memiliki blog.
  2. Bahkan untuk mendownload dan menginstall alexa toolbar tidak diperlukan sign-in atau sign-up ke alexa.
  3. Mohon para SEO Master sudi menjelaskan kepada kami para newbie mengenai hubungan antara browser (karena alexa toolbar dipasang pada browser bukan pada blog) dan blog !
Lantas bisakah dengan memasang alexa toolbar, alexa rank menjadi susut ? Jawaban saya, "tentu bisa" Tapi blog yang kita kunjungilah yang akan susut, sedangkan blog kita tidak. Mengapa ?
  1. Jika kita beranggapan bahwa dengan mengunjungi blog kita sesering mungkin dan me-refresh berkali-kali akan menurunkan alexa rank, itu salah! Karena mereka hanya menghitung 1 visitor/hari dengan IP yang sama meskipun dia dalam sehari bisa jutaan kali berkunjung dan melakukan page view pada halaman yang sama.
  2. Tentu kita akan lebih sering untuk blogwalking dan memberikan "shoot" ke blog mereka pada alexa melalui alexa toolbar yang terpasang pada browser kita. Ini jelas blog merekalah yang lebih di untungkan dengan alexa toolbar ini.
 Jadi selama ini mereka memberikan trik yang salah ? Tidak juga ! Membuat artikel yang bagus sekaligus original juga dapat menyusutkan alexa rank. Asalkan kita berusaha dan berusaha untuk melakukan SEO ( Search Engine Optimization ) dan mampu paling tidak bercokol di halaman 1 (satu) google, maka secara otomatis akan mendongkrak traffic ke blog yang pastinya berpengaruh pada alexa rank. Pemilihan template yang ringan juga berpengaruh pada SEO. Dan masih banyak lagi trik-trik mereka yang saya percaya benar-benar dapat menyusutkan alexa rank. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Cara Mudah Menurunkan Alexa Rank.

Sobat Dente On The Blog, saya bukan seorang yang ahli mengenai SEO, sekali lagi bukan seorang yang ahli mengenai SEO, namun saya hanya sedikit ingin berpendapat mengenai Benarkah Alexa Toolbar Dapat Menyusutkan Alexa Rank?. Betul atau tidak anggapan ini, silahkan diberi komentar. Setiap dari kita pastinya punya pendapat dan anggapan masing-masing. Jika ada kata-kata saya yang menyinggung perasaan, mohon dimaafkan.

Terima Kasih...

7 comment:

  1. Saya punya pengalaman,blog via hp tanpa toolbar alexa,tapi bisa langsing tuh,,hanya sering blogwalking aja,,serius tapi santai..setuju buat penulis!

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah berbagi... yang jelas tetap semangat :D

    ReplyDelete
  3. Hehehe, maju terus pantang mundur :D

    ReplyDelete
  4. wah para mater bagi ilmunya donkg

    ReplyDelete
  5. @foto bugil : Untungnya saya bukan master, jadi saya tidak harus membagi apapun :þ

    @Today news : Terima kasih untuk apa ya ? Tapi sama² deh, alias terima kasih kembali :)

    ReplyDelete
  6. Kebaya Pengantin
    kalau saya buat menyusutkan alexa selain blogwalking memake backlink generator jadi cpt ramping tu si tante alexa
    thanks
    di tunggu kunjunganya.

    ReplyDelete

Blog ini tidak memiliki "rel nofollow", silahkan gunakan fasilitas ini dengan bijak. Dengan tidak adanya moderasi komentar, diharapkan untuk berkomentar dengan baik. Hendaklah tidak menulis kata-kata yang berbau pornografi dan SARA. Saya berhak menghapus komentar yang melanggar segala ketentuan saya diatas, harap maklum dan Terima Kasih

 
Top