Semuanya bisa menjadi gratis di internet, walaupun beberapa media tergolong komersial. Pada awalnya internet memang ditujukan untuk kebebasan dan tidak membuka peluang untuk bisnis, jadi meskipun saat ini setiap kalangan dengan latar belakang organisasi yang beragam sudah terkoneksi dan menjadi bagian dari internet, namun mereka tetap tidak akan mampu membendung faktor gratis yang terus membanjiri dunia internet.

Banyak cara untuk menjadikan sesuatu yang berbayar menjadi gratis, bahkan alat yang paling sederhana dan familier bagi kita yaitu search engine dapat kita manfaatkan. Hasil pencarian suatu file pada search engine, bisa jadi merupakan file yang benar-benar gratis atau berupa file bajakan. Sebagai contoh misalnya saya akan mencari lagu-lagu dari Katon Bagaskara, maka saya akan mengetik -inurl:htm-inurl:htm intitle:"index of" mp3 "katon bagaskara" untuk mempermudah pencarian, maka akan keluar hasil seperti ini :

index of Katon Bagaskara
Anda cukup memilih dan meng-klik salah satu link, maka anda akan dibawa dan disediakan link downloadnya. Kita bisa saja mendapatkan seluruh lagu dan album dari Katon Bagaskara secara gratis, ketimbang harus membeli kaset atau cd-nya, tentu saja tidak sepenuhnya gratis. Sebagai gantinya kita harus memiliki akses internet dirumah atau setidaknya membayar untuk beberapa jam (tergantung kebutuhan) akses internet di warnet. Walaupun hal ini sangat merugikan dan melanggar hak cipta dari lagu tersebut, tapi itulah resiko yang wajib mereka terima saat memasuki dunia internet. Bahkan saya menyarankan agar mereka berbesar hati dengan menyadari "peruntukan" internet pada awal pembuatan-nya. Yang sangat saya tidak sarankan adalah jika anda mendapatkannya secara gratis, lantas anda meng-komersialkan-nya. Gunakan fitur gratis internet untuk hiburan pribadi bukan untuk cari makan.

Sekiranya hanya itu yang dapat saya utarakan mengenai internetan gratis, semoga kedepannya kita bisa menggunakan internet yang benar-benar gratis.  Karena internet memang sudah seharusnya gratis, termasuk wc umum juga harus gratis...

Terima Kasih...

2 comment:

  1. We can gather information and of course download music or movies in the Internet for free but yes, all of these are not free at all because we still pay for our Internet connection. :)

    ReplyDelete

Blog ini tidak memiliki "rel nofollow", silahkan gunakan fasilitas ini dengan bijak. Dengan tidak adanya moderasi komentar, diharapkan untuk berkomentar dengan baik. Hendaklah tidak menulis kata-kata yang berbau pornografi dan SARA. Saya berhak menghapus komentar yang melanggar segala ketentuan saya diatas, harap maklum dan Terima Kasih

 
Top