File Extension memperlihatkan ragam format file, karakteristiknya pun berbeda-beda, pengetahuan ini penting untuk mendapatkan dan memilih file yang akan digunakan nantinya. Berikut dibawah ini adalah macam-macam format Audio Video :

WAV
Container Audio File format yang banyak digunakan untuk komputer berbasis windows. Format WAV digunakan untuk menyimpan file dalam bentuk tidak terkompresi yang setara dengan kualitas CD dan ukuran file yang besar (± 10MB/menit). File Wave bisa berisi data yang dikodekan dengan berbagai codec yang ditujukan untuk mengurangi ukuran file (misal: GSM atau MP3 codec).

OGG
Format file terbuka dan gratis, mendukung ragam codec, yang terkenal adalah Vorbis audio codec yang menawarkan kompresi seperti MP3.

MPC
Musepack atau lebih dikenal dengan MPEG+ atau MP+, merupakan lossy audio codec open source, stereo audio kompresi pada bitrates 160-180kbps.

FLAC
Codec dengan kompresi lossless compression atau juga bisa dikatakan kompresi lossless untuk 'audio' yang serupa dengan ZIP. 

AIFF
Format audio file standar yang digunakan Apple atau biasa disebut WAV untuk MAC OS.

RAW
Berisi macam audio codec, pada umumnya digunakan dengan PCM

AU
Merupakan file format audio yang digunakan oleh Sun, Unix dan Java.

MID
Standar protokol industri yang memungkinkan komunikasi instrumen musical elektronik, komputer dan perangkat lain untuk berkomunikasi, membuat kontrol dan bersingkronisasi satu dengan yang lain.

GSM
Biasanya digunakan untuk keperluan bertelepon dan berisi format yang praktis dan balance antara ukuran file dan kualitas suara via telepon

DCT
Format codec yang dirancang untuk pendiktean, misalnya untuk informasi header dan memungkinkan enkripsi termasuk dalam open file format.

VOX
Format yang menggunakan Codec Dialogic ADPCM (Adaptive Differential Pulse Code Modulation). Mirip dengan format ADPCM lainnya, dengan kompresi 4bit. Format ini serupa dengan WAVE, hanya saja VOX tidak berisi informasi berkenaan dengan file itu sendiri, dengan demikian codec sample rate dan nomer channel harus diurutkan untuk memutar file VOX.

AAC
Atau Advace Audio Coding, format ini didasarkan pada standar MPEG2 dan MPEG4. File AAC pada umumnya adalah container ADTS atau ADIF.

MP4/M4A
Merupakan audio MPEG-4 yang kebanyakan adalah AAC atau bisa juga MP2/MP3.

MMF
Adalah format audio yang digunakan Samsung untuk ringtone.

MP3
Merupakan file format proprietary yang sangat pupuler untuk men-download dan menyimpan lagu. Dengan mengeliminasi sebagian dari file Audio yang kosong, file MP3 mampu mengompresi sampai 1/10 dari file PCM namun tetap mempertahankan kualitas audionya.

WMA
Windows Media Audio merupakan format file yang dimiliki oleh Microsoft. Dirancang dengan kemampuan Digital Right Management untuk proteksi terhadap penggandaan/duplikasi.

ATRAC (.wav)
Yaitu format terdahulu Sony. Diperlukan instalasi ATRAC3 driver untuk membuka file ini.

RA
Real Audio format yang dirancang untuk audio steraming via Internet.

RAM
File ini berisi link ke alamat Internet tempat file Real Audio disimpan. File ini tidak berisi data audio, dan termasuk format proprietary (berpemilik).

DSS
Digital Speech Standar, format ini terbilang kuno dan miskin codec.

DVF
Adalah Format yang dibuat oleh Sony untuk kompresi file suara.

IVS
Versi proprietary Digital Right Management (DRM) yang dikembangkan Apple yang digunakan pada lagu-lagu download dari Tronme Music Store, interactive music dan video player milik mereka.

M4P
Versi propietary AAC dalam MP4 dengan DRM yang dikembangkan Apple yang digunakan saat men-download lagu dari iTunes Music Store.

IKLAX 
Format digital audio multi-trac yang memungkinkan mengelola data audio, biasanya untuk mixing.

Demikian beberapa file format Audio Video. Jika ada yang terlewat atau kesalahan dalam penjelasan mohon di koreksi.

Jika sobat ingin tahu aplikasi apa yang tepat untuk membuka file-file diatas, silahkan baca artikel saya yang berjudul Software Untuk Memainkan Berbagai Jenis File Format Audio Video

0 comment:

Post a Comment

Blog ini tidak memiliki "rel nofollow", silahkan gunakan fasilitas ini dengan bijak. Dengan tidak adanya moderasi komentar, diharapkan untuk berkomentar dengan baik. Hendaklah tidak menulis kata-kata yang berbau pornografi dan SARA. Saya berhak menghapus komentar yang melanggar segala ketentuan saya diatas, harap maklum dan Terima Kasih

 
Top